Beritaglobal.id – Kepala Perwakilan Ombudsman Kepulauan Riau, Dr. Lagat Parroha Patar Siadari, SE, MH melaksanakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ombudsman yang ke-23 sekaligus memaparkan hasil kerja Ombudsman Kepri di Tahun 2022, bertempat di Gedung Graha Pena Batam Center Kota Batam, Jumat (10/03/2023).
Pada kesempatan itu, Dr. Lagat Parroha Patar Siadari, SE, MH – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau memaparkan apa yang menjadi pencapaian maupun fokus pelaporan yang banyak masuk pada tahun 2022, meliputi:
Lima besar subtansi pengaduan
1. Agraria
2. Kesehatan
3. Kepolisian
4. Kepegawaian
5. Ketenagakerjaan
Penyelesaian Laporan
– Jumlah laporan : 201
– Selesai : 133
– Tahap proses: 68
Penanganan laporan yang dilakukan Ombudsman Kepri di tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan mencapai 300℅ dari tahun sebelumnya.
Serta memaparkan satu contoh penyelesaian masalah yang sudah berlalu seperti kasus dugaan tidak memberikan pelayanan oleh satuan polisi pamong praja kota Batam direktorat pengamanan badan pengusahaan Batam dan team terpadu pengawasan dan penertiban terhadap pelanggaran peraturan daerah kota Batam terkait penertiban rumah liar di depan Gereja POUK Putri Hijau Sagulung.
“Permohonan penertiban kios liar di depan Gereja POUK Sagulung yang menghalangi akses masuk Gereja sudah dimohonkan sejak tahun 2014 sampai dengan 2022 namun belum ada penyelesaian terkendala di kesepakatan ganti rugi dengan pemilik kios,” ungkap Lagat
Dalam hal ini Gereja POUK Putri Hijau merasa sangat dirugikan karena untuk dapat mengakses pintu masuk gereja harus memutar jalan, serta tidak adanya kepastian hukum oleh pemerintah terkait dengan penertiban bangunan liar yg berdiri di atas tanahnya.
Dan pada tanggal 15 Desember 2022 telah di lakukan pembongkaran den penertiban rumah liar tersebut.
Di akhir Acrara seluruh Jajaran Ombudsman melakukan acara pemotongan kue ulang tahun sebagai simbol perayaan ulang tahun yang ke 23.
Jurnalis: Hotang
Discussion about this post