BERITAGLOBAL.ID (Jakarta) – Para peserta mengikuti kegiatan pelatihan digital entrepreneurship academy tahun 2022 di ballroom lantai 6 hotel haris Hayam Wuruk Jakarta Pusat oleh Kominfo, Sabtu(12/11/2022).
Pengajar memberikan materi pelatihan di antaranya penggunaan platform media sosial Instagram sebagai bentuk penerapan literasi digital bagi UMKM, pengemasan produk, pengelolaan informasi produk, pembelajaran dan praktik foto produk menggunakan ponsel pintar, hingga penerapan aplikasi yang bernama canva untuk menunjang pemasaran di media digital.
“Kalau produk dan kemasannya sudah bagus maka harus ditunjang dengan digital juga. Misalnya, foto yang bagus untuk promosi itu seperti apa, lalu perlu disisipkan karakter tulisan yang menarik agar lebih memikat, semua kita ajarkan di sini” Ujar Balya Munadjat
Menurutnya, pelaku UMKM yang mampu menerapkan digital dengan tepat bisa mencapai potensi pertumbuhan pendapatan lebih besar. Inilah pentingnya mempelajari pemasaran digital karena bisnis yang tidak menerapkan hal tersebut akan tertinggal dari kompetitornya.
”Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan momentum besar penggunaan media sosial untuk mengembangkan bisnisnya sehingga produk yang dipasarkan tidak hanya dikenal di kawasan lokal, namun bisa menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar balya.
Sementara itu, peserta mengapresiasi pelatihan yang diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kompetensi UMKM.
”Semoga dengan adanya pelatihan digital ini, UMKM yang menerapkan metode tradisional menjadi modern, lalu menjadi nasional, dari nasional nantinya diharapkan mampu go global,” ujar salah satu peserta pelatihan.
Lanjutnya iya mengatakan dengan adanya pelatihan ini, kami sebagai pelaku UMKM dapat mendalami pembelajaran mengenai media digital khususnya untuk kebutuhan promosi produk agar lebih menarik sehingga mampu menaikkan penjualan dan omzet tentunya.
Jurnalis : Septyan
Upload : redaksi
Discussion about this post